Belajar-Trading-Saham

Panduan Mudah Belajar Trading Saham Agar Kalian Tidak Merugi!

Baca dan Pahami Panduan Mudah Belajar Trading Saham Agar Kalian Tidak Merugi! Perdagangan saham yaitu kegiatan yang berbentuk jual beli saham, perdagangan saham ini memiliki tujuan yaitu memperoleh keuntungan dari selisih harga beli awal dengan harga jual. Di dalam dunia pasar modal keuntungan ini disebut capital gain.

Jual beli saham ini sendiri tentu saja berbeda dengan berinvestasi saham. Ketika berinvestasi di saham, investor lebih bersedia membeli saham dan menahannya untuk waktu yang lama. Dengan kata lain, transaksi saham investor tidak sesingkat pedagang. Lalu, mengapa investor lebih memilih menahan saat harga saham naik daripada menjual dengan cepat?

Hal ini karena tujuan dan harapan dari investor adalah untuk mendapatkan keuntungan dari pembagian dividen, yaitu keuntungan perusahaan atau emiten, yang umumnya dibagikan secara triwulanan, semesteran atau tahunan. Untuk itu, kalian wajib memahami panduan pemula dan cara belajar trading saham secara betul.

3 Langkah awal untuk melakukan Trading Saham

Langkah-langkah awal untuk menjadi pemilik saham pasar modal sangat mudah dan sederhana. Saat kalian belajar trading saham, ada 3 langkah utama yang perlu kalian lakukan, di antaranya:

  1. Buka akun

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam belajar trading saham untuk memulai trading saham adalah memiliki akun. Rekening ini tidak berbentuk rekening tabungan biasa, namun rekening surat berharga. Proses manufaktur dapat diselesaikan dengan mengunjungi perusahaan sekuritas. Persiapkan persyaratan yang diperlukan, antara lain fotokopi KTP, NPWP, buku tabungan, dan 2 lembar materai Rp 6.000.

  1. Dana Disetorkan di Rekening Tersebut

Setelah rekening efek berhasil dibuka, langkah selanjutnya adalah menyetorkan dana. Jumlah dana yang disetorkan untuk pertama kali berbeda-beda, sesuai dengan peraturan masing-masing perusahaan efek. Apabila telah selesai dalam menyetorkan dana ke rekening efek, Anda dapat memulai proses jual beli saham tersebut.

  1. Mulai Melakukan Investasi

Sebenarnya, trading saham memang sangat mudah, apalagi pada saat Anda belajar trading saham. Anda tidak perlu untuk mendatangu kantor Bursa Efek Indonesia atau BEI terdekat. Ada pilihan praktis untuk berdagang saham hanya dengan menggunakan akses Internet. Saat ini, ada cukup banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan perdagangan saham online bagi investor.

Baca Juga :  Jangan Sampai Salah, Ini Dia Keuntungan dari Situs Trading Terpercaya

Berbagai perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan perdagangan saham online antara lain:

  • Layanan BEST milik BCA Sekuritas
  • MOST milik Mandiri Sekuritas
  • eSmart milik BNI Sekuritas
  • POST milik Panin Sekuritas
  • Prima milik Trimegah Sekuritas diluncurkan oleh Panin Sekuritas.

Selain itu, kalian juga perlu memahami trik mempelajari keterampilan trading saham. Waktu di dalam trading saham dapat dibilang relatif singkat. Akan tetapi, hal ini tidak berarti bahwa dia sepenuhnya menebak. Untuk itu, kami tegaskan lagi Anda perlu memahami secara baik saat belajar trading saham.

Sebelum menjual saham, Anda masih perlu melakukan beberapa perhitungan dan pertimbangan. Jika Anda tidak menggunakan metode perhitungan yang benar, Anda bahkan mungkin kalah, bukan untung.

Dalam perdagangan saham saat Anda masih di tahap belajar trading saham, Anda dapat membeli atau menjual setidaknya 1 lot atau 100 saham. Jumlah saham yang Anda miliki tergantung pada harga per saham dan dana yang digunakan.

Selain itu, hal paling penting di dalam belajar trading saham ialah Anda sangat wajib untuk mengasah kemampuan analitik Anda. Dengan kemampuan analitik tersebut, Anda dapat memperoleh keuntungan yang besar di dalam trading saham ini. Kemampuan analitikal bisa membantu Anda dalam membeli maupun menjual saham.